Minggu, 01 Juli 2012

Inovasi Selamatkan Generasi


                Kekurangan energi  yang berasal dari protein merupakan permasalahan nutrisi yang dialami oleh hampir seluruh kelompok usia keluarga, terutama di usia sekolah ( 6-12 tahun ), pra remaja ( 13-15 tahun ), remaja ( 16-18 tahun ) dan ibu hamil. Kekurangan energy dan protein yang berkepanjangan pada anak – anak Indonesia mengakibatkan lemahnya daya ingat dan konsentrasi serta kekurangan energy saat beraktifitas ketika berada di sekolah.
                Gue sebagai seorang pelajar juga tetap harus minum susu nih, karena menyadari pentingnya susu bagi pertumbuhan. Tapi, banyak keluarga di Indonesia yang kurang menyadari pentingnya susu untuk sang buah hati. Sehingga Indonesia menjadi Negara yang terendah untuk minum susu, tahun 2010 dibandingkan dengan negara – negara lainnya di asia.

                (gambar : Smart Frisian by Vi Vahrurazi)
Sebagai perbandingan, konsumsi susu perkapita pada tahun 2010,yakni Malaysia mencapai 50,3 liter, Singapura 47,3 liter, India 45,4 liter, China 20,8 liter, Vietnam 14,1 liter, Filiphina 12,4 liter dan Indonesia 11,9 liter. Sangat sedikit bukan jika dibandingkan dengan negara – negara lain.
                Untuk membantu keluarga Indonesia dalam meraih hari esok yang lebih baik, Frisian flag Indonesia memperingati hari susu se – dunia pada 1 Juni lalu di 3 kota, yakni Jakarta, Surabaya dan Bandung, dengan mengembangkan dan meluncurkan inovasi terbaru yang dapat membantu dalam memberikan manfaat kebaikan susu.
                Tapi readers, di jaman yang canggih ini dengan dikelilingi orang-orang yang kreatif dan cermat, kita bisa dengan mudah menemukan banyak makanan dan minuman yang dicampur oleh susu, karena banyak mengandung vitamin dan dapat meningkatkan cita rasa suatu makanan atau minuman, contohnya jus, kue, eskrim, pudding dan yang lainnya. Hal ini merupakan inovasi yang sangat baik untuk meningkatkan mengkonsumsi susu karena susu tersebut telah dikemas dengan sedemikian baik dan lebih menarik sehingga sang buah hati akan lebih tertarik untuk meminum susu. Inovasi – inovasi ini lah yang dibutuhkan untuk menyadarkan keluarga di Indonesia agar mengkonsumsi susu dengan cukup.
                 Tapi readers, lagi-lagi terdapat kendala, kebanyakan dari remaja – remaja di Indonesia yang merasa ia telah dewasa dan menjadi anak Gahoel!! Mereka telah mengabaikan pentingnya susu bagi tubuh. Padahal susu sangatlah penting apalagi pada masa remaja yang membutuhkan banyak nutrisi. Makanya, lewat blog ini ini, gue mengajak seluruh anak – anak gahoel di seluruh Indonesia untuk mengkonsumsi susu yang cukup.
                (gambar: Haram vs Halal by Vi Vahrurazi)

Susu formula adalah susu yang paling banyak beredar di pasaran di bandingkan dengan susu murni. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dalam susu formula lebih banyak dari pada susu murni. Akan tetapi, susu formula telah mengalami proses pembuatan yang sangat panjang dengan berbagai campuran yang memiliki titik kritis tentang halal dan haramnya. Pada susu formula yang diperuntukkan bagi anak- anak biasanya ditambahkan berbagai vitamin,seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6,vitamin B12, vitamin D dan vitamin E. Vitamin –vitamin tersebut biasanya kurang stabil selama proses pengolahan sehingga perlu dilapisi atau dicoating. Bahan pelapis inilah yang bisa berasal dari gelatin, keragenan, gum atau pati termodifikasi. Gelatin bisa berasal dari tulang sapi atau babi. Jika gelatin berasal dari tulang babi, tentu saja bersifat haram, tetapi jika gelatin berasal dari tulang sapi pun belum tentu halal, karena tergantung bagaimana proses penyembelihannya. Di sinilah titik kritis antara susu halal dan susu haram.
               
                (gambar: Captain Frisian by Vi Vahrurazi)

Harga susu pun kini makin bervariasi dari yang paling murah sampai paling mahal, terlebih lagi dengan maraknya susu yang dipertanyankan halal dan haramnya yang makin membuat para orangtua semakin GALAU dalam memilih susu yang baik untuk sang buah hati.
                Oke, untuk para readers dan  para orang tua di luar sana, gue punya tips nih bagaimana memilih susu yang baik.
1     1.  Lihat label BPOM dan label halal pada kemasan. 



   2.  Pastikan kemasan dalam keadaan baik.

   3.  Cek tanggal kadaluarsanya.

   4.   Pilih susu yang cocok untuk sang buah hati, karena terdapat beberapa anak yang alergi susu sapi.
Sebagai tambahan,para orang tua juga diharapkan untuk mampu berinovasi dalam membuat makanan yang berbahan susu, sehingga mempermudah sang buah hati mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Bagi orang tua yang memiliki buah hati yang kurang suka menkonsumsi susu, cobalah untuk membuat makanan atau minuman yang berbahan dasar susu agar sang buah hati bisa mendapatkan kandungan penting dalam susu. Contohnya seperti my ibu yang sering bikin es krim yang berbahan ubi dan susu selain my ade dan gue suka banget sama es krim,gue dan my ade juga dapat banyak protein dan kalsium yang Insya Allah halal karena buat sendiri dan susunya itu Frisian flag bubuk yang ada label halalnya, selain sehat susunya juga halal. Hal ini sangat penting bagi konsumen muslim dalam memilih susu. inovasi yang bagus bukan ?


“ Masa depan anak bangsa terdapat pada orang tua yang cerdas dan inovatif untuk selalu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.”
( gambar : blog detik logo by Vi Vahrurazi )

~ Keep Next Generation ~


Daftar pustaka:
-pelitaonline.com




20 komentar:

  1. Mantab banget nih postingannya... good luck ya...

    BalasHapus
  2. sipsip sip ... keren banget

    BalasHapus
  3. berarti harus sering-sering minum susu nih

    BalasHapus
  4. Mantap bgt postingannya..semoga menang yah :)

    BalasHapus
  5. iya git @gita
    amiin, mkasih ya komennya @melly

    BalasHapus
  6. Keren gan :) kreatif gambarnya...

    Sukses buat kita semua gan :)

    BalasHapus
  7. makasih gan....@kormel

    BalasHapus
  8. hhhhmmmpp baguss qok ,,
    bisa bwt jadi motivasi bagi eank membacanya ..
    terus juga bisa menyadarkan bngsa indonesia bahwa susu itu penting ,,
    bagus bagus ..

    :)

    BalasHapus
  9. okay dah keren abiss....adziib susunya>>>

    klo boleh usul gambarnya kurang menarik gan...tapi keren dah<<

    BalasHapus
  10. wiii
    kreatif
    ijin titip sandal ya :)

    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2012/06/24/susu-untuk-anak-yang-halal-sehat-dan-inovatif-donk-kaka/

    BalasHapus
  11. kunjungan balik sob. Sesama peserta lomba SUSU :D

    BalasHapus
  12. thx sob @rahmat
    done sob @persip.net

    BalasHapus
  13. Mantap gan.. (y)
    Good luck ya.. ;)

    BalasHapus
  14. thx yan komennya, gambar vikram tuh... @ryan

    BalasHapus
  15. Nice post. Thanks buat tips memilih susu yang baik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir dan komen di blog ane...

      Hapus
  16. wah bener juga yah, gk boleh sembarang pilih susu.
    makasih postingnya..

    BalasHapus
  17. makasih infonya mengenai susu,wawasanku semakin bertambah... :)

    BalasHapus